FESTIVAL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Tema : KEBEKERJAAN


Untuk kegiatan P5 dengan tema wajib bagi SMK yaitu KEBEKERJAAN, maka SMKN 3 Boyolangu melaksanakan dengan dua topik sekaligus. Topik untuk kelas X berbeda dengan kelas XI. Hal ini dikarenakan untuk kelas X belum pernah mendapatkan materi kebekerjaan, sedangkan kelas XI sudah pernah mendapatkan materi kebekerjaan, sampai pada festivalnya. Topik kebekerjaan untuk kelas X adalah “Meraih Mimpi Menuju Dunia Kerja”, sedangkan topik untuk kelas XI adalah ”Peningkatan Kemampuan Komunikasi untuk Mencari dan Menciptakan Peluang Kerja”.

Topik Meraih Mimpi Menuju dunia Kerja ini bertujuan agar peserta didik memahami ruang lingkup dan karakteristik dunia kerja sesuai dengan konsentrasi keahliannya. Untuk ruang lingkup materinya adalah (1) Membangun Impian peserta didik, (2) Tokoh yang diidolakan, (3) Masalah yang pernah dihadapi dan solusinya, (4) Potensi diri, (5) Sungai Kehidupan, (6) Surat lamaran dan CV, (7) Kewirausahaan dan (8) Job Fair. Dengan materi-materi di atas, diharapkan semua siswa kelas X mempunyai gambaran tentang potensi dirinya, dan dunia kerja yang sesuai dengan Konsentrasi Keahliannya masing-masing.

Topik Peningkatan Kemampuan Komunikasi untuk Mencari dan Menciptakan Peluang Kerja untuk siswa kelas XI bertujuan agar siswa mampu membuat dan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam mencari pekerjaan. Kegiatan Pembelajaran yang dilakukan adalah: (1) Pembuatan personal branding diri sendiri, (2) pembuatan video perkenalan diri untuk melamar kerja yang di upload ke sosial media (youtube, tik tok, ig, dll), (3) pembuatan CV digital dengan aplikasi Intelligent CV, (4) Pembuatan surat lamaran pekerjaan digital, (5) pembuatan akun LinkedIn dan (6) Perencanaan kegiatan Pameran Produk Unggulan dan  Seminar Inspirasi Profesi.

Kegiatan pembelajaran Modul P5 diakhiri dengan Festival. Untuk festival P5 kali ini, bekerja sama dengan pihak sekolah (Tim BKK) yang mengadakan Jobfair. Pada kegiatan Jobfair ini siswa kelas X ditugaskan menjadi pengusaha makanan dan siswa kelas XI memamerkan produk unggulan sesuai Konsentrasi Keahliannya  masing-masing. Dengan Stand berjumlah 28 buah, semua siswa baik kelas X dan XI berramai-ramai menyemarakkan kegiatan Jobfair.

Demikianlah festival Projek Profil Penguatan Pelajar Pancasila dengan tema Kebekerjaan yang bekerja sama dengan kegiatan Jobfair di SMKN 3 Boyolangu, semoga bermafaat bagi kita semua. Salam Sejahtera dan sampai jumpa pada festival P5 selanjutnya.

Tinggalkan Balasan