Pekan Festival Project Penguatan Profil Pemuda Pancasila

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka. P5 adalah projek yang akan menemukan jawaban atas pertanyaan mengenai peserta didik dengan kompetensi seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia. Projek tersebut dilakukan dengan menanamkan karakter pada pribadi peserta didik berdasarkan nilai-nilai pancasila. Pada P5 terdapat beberapa dimensi dan didalam dimensi ada beberapa emen atau tema.

Berdasar pada dimensi dan elemen Profil Pelajar Pancasila, tema yang  diambil SMKN 3 Boyolangu adalah Gaya Hidup Berkelanjutan, dengan topik Sampah Plastik Jadi Barang Artistik, dengan tujuan membuat para peserta didik dapat mengolah sampah plastik di lingkungan sekolah khususnya menjadi barang yang bernilai artistik, karena saat ini banyaknya makanan minuman yang dikemas dengan kantong plastik, sehingga dimana-mana terdapat sampah plastik dan tiap hari bertambah dan bertambah.

Tahap-tahap pada projek ini adalah  tahap pengenalan, tahap konstektualisasi, tahap aksi dan diakhiri dengan tahap refleksi dan tindak lanjut. Pemilihan tema ini peserta didik diharapkan dapat mewujudkan rasa syukur dengan membangun kesadaran peduli lingkungan alam dengan menciptakan dan mengimplementasikan solusi dari permasalahan lingkungan yang ada yaitu dapat mengolah sampah plastik menjadi kerajinan, dan mungkin bisa diterapkan dalam kehidupan sehari- hari baik di lingkungan sekolah ataupun di rumah pada akhir projek ini, didasarkan dimensi Profil Pelajar Pancasila yakni, Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Mandiri, dan Kreatif

Projek ini akan dilaksanakan dengan 4 periode sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan yaitu periode 1: tanggal 29 Agustus 2022 s/d 2 September 2022 , periode 2: tanggal 26 September 2022 s/d 30 September 2022, peride 3: tanggal 24 Oktober 2022 s/d 28 Oktober 2022 dan diakhiri dengan pekan festival pada periode 4: tanggal 12 s/d 16 Desember 2022. Dalam pelaksanaannya, terdapat 10 mapel yang  melaksanakan dengan durasi waktu sebagai berikut. PAPB  (2 JP), Pendidikan Pancasila ( 2 JP ), Bahasa Indonesia ( 4 JP ), Pendidikan Jasmani (2 JP), Sejarah  (2 JP), Seni Budaya (2 JP), Matematika (4 JP), BIG (4 JP), Informatika (4 JP) dan Projek IPAS (6 JP) pada masing masing periode. Untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru perlu memperhatikan kebiasaan dan gaya hidup pada diri sendiri, lingkungan sekolah dan peserta didikguru dapat memperlihatkan kebiasaan gaya hidup berkelanjutan sejak awal projek supaya peserta didik dapat mendapat pengertian lebih mendalam dalam praktiknya.

Para peserta lomba Fashion Show
Suasana meriah

Tampilan juga bisa disimak di kanal Youtube SMKN 3 Boyolangu
https://www.youtube.com/watch?v=qMIGfl6iIK0
https://www.youtube.com/watch?v=f9qW5yVv32s
https://www.youtube.com/watch?v=-xbA_kr6UCc

Kegiatan Fashion Show
https://www.youtube.com/watch?v=JTMRk08Edho

Beberapa hal yang dapat guru lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Memfasilitasi diri mengenai pengetahuan atas isu masalah sampah yang terjadi di sekitar.
  2. Mengingatkan para peserta didik untuk lebih baik mengurangi sampah daripada mendaur ulang, seperti dengan pengurangan pemakaian kemasan 1x pakai, membawa botol minum sendiri, membawa tas belanja dll.
  3. Mengingatkan peserta didik bahwa semua ekosistem saling berhubungan bahkan air yang dibuang di toilet. Sebisa mungkin menghemat pemakaian air, sabun, listrik, dll
  4. Bungkus makanan dan minuman saat disekolah juga merupakan kontributor  sampah anorganik yang tidak bisa terurai. Guru mendukung masing masing siswa membawa makan minum dari rumah dengan wadah tidak sekali pakai.
  5. Alur Pelaksanaan Materi P5

Alur dalam penyampaian materi adalah sebagai berikut.

  1. Pengenalan Materi Tentang Pencemaran ( 4 JP )
  2. Pengenalan Penyebab  Pencemaran (4 JP)
  3. Pengenalan Jenis-Jenis Sampah (4 JP)
  4. Sumber Kontributor Sampah (4 JP)
  5. Sebab Dan Akibat Dari Sampah Organik (4 JP)
  6. Sebab dan akibat sampah anorgnik  ( 4 JP )
  7. Mengamati Pencemaran  Sampah Di Sekitar Lingkungan Sekolah (4 JP)
  8. Mengamati Sumber Kontributor Sampah Di  Lingkungan Sekolah (4 JP)
  9. Membuat Mini Mading  (4 JP)
  10. Penilaian Mini Mading  (4 JP)
  11. Mengambil Dan Memilih Sampah Di Lingkungan Sekolah  (4 JP)
  12. Membuat Video ( Tiktok/Reels Di Instragam / Video Dokumenter Dll) Dari Kegiatan Mengambil Memilah Sampah  (4 JP)
  13. Menentukan Desain Kerajinan  (4 JP)
  14. Mendesain  Kerajinan  ( 4 JP )
  15. Membuat Kerajinan  ( 32 JP )
  16. Evaluasi Akhir Mengadakan Festival/Pameran Dan Refleksi Akhir ( 40 JP)

Festival P5

Festival Tema ini dilaksanakan pada periode terakhir yaitu tanggal 12 s/d 16 Desember 2022

Tinggalkan Balasan